Waspadalah Serangan Jantung Mulai Menyerang dari Usia Muda.. Kok Bisa Yaa??….

Jika dalam makanan atau minuman instan disebutkan “ditambahkan gula”, maka bukan gula pasir semata yang digunakan, tapi juga pemanis buatan berkalori yang ditambahkan ke makanan atau minuman oleh produsen selama pengolahan. Penelitian terbaru The National Health and Nutrition Survey (NHANES) menunjukkan 2.157 remaja usia 12 sampai 18 rata-rata mengonsumsi gula tambahan sebesar 119 gram (28,3 sdt atau 476 kalori) perhari, atau 21,4 persen dari total energi mereka.
The American Heart Association baru-baru ini merekomendasikan batas atas khusus untuk asupan gula tambahan ini, berdasarkan jumlah kalori yang diperlukan sepanjang hari, pengeluaran energi mereka, jenis kelamin, dan usia. Misalnya, jumlah yang tepat bagi seorang individu dengan kebutuhan energi 1.800 kalori per hari (rata-rata seorang gadis remaja usia 14-18 mungkin dalam rentang kalori) hanya memerlukan 100 kalori dari gula tambahan. Seorang individu dengan kebutuhan 2.200 kalori per hari harus makan atau minum tidak lebih dari 150 kalori dari gula tambahan ini.
Remaja mengkonsumsi tingkat tertinggi gula tambahan memiliki tingkat high density lipoprotein (HDL), kolesterol baik, yang lebih rendah kadarnya. Sebaliknya, trigliserida dan llow density lipoproteins (LDL), kolesterol jahat, dalam tingkat yang lebih tinggi .
“Ini adalah studi pertama untuk menilai hubungan gula ditambahkan dan indikator risiko penyakit jantung pada remaja,” kata Jean Welsh MPH PhD RN, peneliti para program pasca doktoral di Emory University di Atlanta. Remaja yang mengonsumsi lebih tinggi tambahan gula sama dengan “menabung” kolesterol jahat dalam tubuhnya. “Paparan jangka panjang akan menempatkan mereka pada risiko penyakit jantung di saat dewasa.”
Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kontributor terbesar gula tambahan adalah pada minuman manis seperti soda, minuman buah, kopi dan teh instan.
MUST READ!! Waspadalah Serangan Jantung Mulai Menyerang dari Usia Muda.. Kok Bisa Yaa??..
Penjelasan Serangan Jantung, Penyebab dan Solusi

Apa yang dimaksud Serangan Jantung ?

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke suatu bagian otot jantung terhalang. Jika aliran darah tidak bisa diperbaiki dengan cepat, bagian dari jantung tersebut akan rusak karena kekurangan oksigen dan bisa mengakibatkan kematian.
Serangan jantung adalah pembunuh utama baik terhadap pria maupun wanita. Tapi untungnya, sekarang banyak cara penyembuhan serangan jantung yang bisa menyelamatkan nyawa dan mencegah cacat. Perawatan sangat efektif jika dimulai jarak 1 jam setelah awal gejala.
Serangan Jantung sering terjadi karena sebuah kondisi yang biasa disebut Coronary Artery Disease (CAD). Pada keadaan CAD, sekumpulan lemak yang disebut plak menumpuk selama bertahun-tahun pada bagian dalam arteri koroner (bagian arteri yang mensuplai darah dan oksigen ke jantung). Pada akhirnya, areal plak tadi menumpuk dan menghalangi aliran darah.
Gambar Jantung dengan jaringan otot yg rusak dan arteri yang tersumbat. MUST READ!! Waspadalah Serangan Jantung Mulai Menyerang dari Usia Muda.. Kok Bisa Yaa??..
Saat terjadi serangan jantung, jika halangan pada arteri koroner tidak di rawat secepatnya, otot jantung akan mulai mati dan digantikan dengan bekas luka. Kerusakan pada jantung ini tidak terlalu terlihat, tetapi akan menjadi masalah yang berlangsung lama.
Beberapa masalah yang bisa dihubungkan dengna serangan jantung adalah gagal jantung dan life -threatening arrhythmias (detak jantung tidak normal). Gagal Jantung adalah sebuah kondisi dimana jantung tidak dapat memompakan darah yang cukup ke seluruh tubuh.
Tindakan cepat terhadap tanda-tanda serangan jantung akan menyelamatkan nyawa anda dan mengurangi bahaya terhadap jantung anda. Perawatan sangat efektif ketika dimulai dalam satu jam pada awal gejala terdeteksi.

Tanda-tanda dan gejala yang biasa terjadi sebelum serangan jantung adalah :

  1. Rasa sakit pada dada, rasa seperti tertekan, seperti diremas, sakit pada daerah tengah dada yang bisa terasa kuat atau ringan. Rasa sakit ini berlangsung beberapa menit kemudian hilang dan kembali lagi.
  2. Rasa nyeri di salah satu atau ke dua tangan, pungung, leher, rahang atau perut.
  3. Pernafasan terasa pendek yang berlangsung saat rasa sakit didada atau setelahnya.
  4. Tanda lainnya termasuk nausea (rasa sakit di perut), pusing atau pingsan, sering berkeringat dingin.

Jika Anda atau orang di dekat anda ada yg mengalami gejala sakit jantung, lakukanlah hal berikut :

  1. Telepon ambulan saat tanda-tanda mulai muncul.
  2. Jika gejala hilang dalam waktu kurang dari 5 (lima) menit, segera hubungi dokter anda.
  3. Usahakan menggunakan ambulan saat korban diantar ke rumah sakit, pada ambulan biasanya sudah disiapkan peralatan pertolongan pertama terhadap serangan jantung.
  4. Minum pil nitroglycerin dari dokter anda sesuai resep jika anda sudah dinyatakan punya sakit jantung.
Setiap tahun sekitar 1,1 juta orang di Amerika terkena serangan jantung, dan sebagian meninggal. Serangan Jantung adalah pembunuh utama baik pria maupun wanita di Amerika. Jika anda merasakan gejala seperti diatas, segeralah melakukan berbagai pencegahan dan perawatan. Serangan jantung dapat membunuh hanya dalam waktu kurang dari satu jam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s