Merokok Rusak Gen dalam Hitungan Menit …

Ini peringatan buat perokok. Gen Anda bisa rusak hanya dalam hitungan menit ketika mengisap rokok. Bahkan, rokok juga bisa menjadi ancaman yang serius bagi kanker Anda. Demikian hasil studi sejumlah ilmuwan di Amerika Serikat yang disiarkan di jurnal kajian Chemical Research in Toxicology, baru-baru ini.

Para peneliti mengatakan, dampak merokok bagi kesehatan sangat cepat. Sama dengan menyuntikkan sesuatu zat langsung ke dalam aliran darah. Penelitian dilakukan untuk melacak bagaimana zat di dalam tembakau dapat mengakibatkan kerusakan DNA.

DNA atau deoxyribonucleic acid (asam deoksiribonukleat) adalah sejenis asam nukleat yang tergolong biomolekul utama penyusun berat kering setiap organisme. Di dalam sel, DNA umumnya terletak di dalam inti sel.

Secara garis besar, peran DNA di dalam sebuah sel adalah sebagai materi genetik. Artinya, DNA menyimpan cetak biru bagi segala aktivitas sel. Ini berlaku umum bagi setiap organisme.

Dengan menggunakan 12 perokok sebagai relawan, para ilmuwan melacak polutan yang disebut PAH atau polycyclic aromatic hydrocarbons. Ini terkandung di dalam asap tembakau dan juga dapat ditemukan di pembangkit listrik yang bertenaga batu bara serta pada makanan yang dipanggang.

Mereka mengikuti perkembangan satu jenis khusus–phenanthrene, yang ditemukan pada asap rokok– melalui darah dan menyaksikan zat itu membentuk bahan beracun yang dikenal untukmelacak DNA, yang mengakibatkan mutasi sehingga dapat menyebabkan kanker, kata studi tersebut.

“Perokok mengembangkan tingkat maksimum zat itu dalam kerangka waktu yang bahkan membuat terkejut para peneliti tersebut, yakni cuma dalam waktu 15-30 menit setelah relawan mengakhiri merokok,” kata studi itu.

Hasil ini sangat penting sebab epoksida diol PAH bereaksi dengan DNA, mendorong mutasi, dan dipandang sebagai penyebab utama kanker dari banyak PAH pada asap rokok.

Ilmuwan yang memimpin penelitian Stephen Hecht mengatakan, studi itu unik sebab mengkaji dampak orang menghisap asap rokok, tanpa campur-tangan dari sumber lain yang berbahaya seperti polusi atau makanan dengan gizi buruk. “Hasil yang dilaporkan di sini mestinya menjadi peringatan tegas bagi mereka yang mempertimbangkan untuk mulai menghisap rokok,” kata Hecth.

Kanker paru-paru menewaskan sebanyak 3.000 orang di seluruh dunia setiap hari. Sebanyak 90 persen dari kematian itu disebabkan oleh asap rokok.

Kanker paru-paru adalah salah satu kanker yang cukup sering terjadi. Di kalangan perokok khususnya, penyakit ganas itu telah menjadi ancaman utama dan sudah menjadi kawan dekat.

Kanker paru-paru ditandai oleh adanya pertumbuhan jaringan abnormal pada paru-paru, yang jika dibiarkan dapat menyebar ke organ lain, baik yang dekat dengan paru-paru maupun yang jauh misalnya tulang, hati, atau otak.

Pada stadium dini, kanker paru-paru cukup sulit dikenali. Bila ukurannya masih kecil, atau kira-kira kurang dari tiga sentimeter. Penyakit tersebut umumnya tidak menimbulkan keluhan yang berarti. Bila ukuran kanker sudah lebih besar dan menjalar ke berbagai organ lain, barulah akan menimbulkan keluhan, seperti batuk-batuk sampai batuk yang disertai darah. Tak jarang pula, timbul sesak napas.

Sesak napas umumnya timbul secara perlahan dan makin lama makin berat. Sesak napas tersebut terjadi sebagai akibat dari terjadinya penumpukan cairan di rongga pleura (rongga antara lapisan paru dan dinding dada). Volume cairan itu sendiri bisa mencapai satu liter lebih.

Bayangkan, cairan yang sedemikian banyaknya tentu akan menimbulkan kesulitan pada manusia untuk menarik dan mengeluarkan napas.

Kanker paru-paru juga bisa ditandai oleh beberapa gejala lain seperti nafsu makan menghilang disertai penurunan berat badan secara drastis, kelemahan tubuh (malaise), dan mudah merasa lelah. Terkadang juga terjadi pembengkakan di muka, leher, dan dada. Jadi mari berhenti merokok dari sekarang juga.(Ant/AFP/ULF)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s