Keajaiban Kunyit…

Masakan Indonesia dikenal dengan penggunaan bumbu rempahnya yang berlimpah, sehingga memiliki citarasa yang kaya. Salah satu rempah yang sering digunakan adalah kunyit.

Selama lebih dari empat ribu tahun, ekstrak kunyit sudah digunakan untuk kosmetik, tekstil dan obat. Di India, kunyit seringkali dijadikan bedak untuk membuat wajah para wanita terlihat bersinar.

Bukan hanya itu, dari banyak penelitian kunyit terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat kunyit bagi kesehatan dari berbagai penelitian seperti dikutip dari Divine Caroline.

– Penelitian di Universitas Texas menemukan bahwa curcumin (senyawa aktif dalam kunyit) menghambat tumbuhnya sel kanker kulit dan memperlambat penyebaran sel kanker payudara.

– Beberapa dokter juga menyarankan untuk mengonsumsi kari secara teratur. Itu karena kunyit adalah bahan utama dalam bumbu kari yang bisa mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer atau pikun. Ini terbukti dengan rendahnya jumlah penyakit tersebut di India, dimana masayarakatnya sering mengonsumsi kari.

– Penelitian di Italia menunjukan penderita osteoarthritis atau nyeri sendi yang melakukan pengobatan dengan ekstrak kunyit rasa nyerinya berkurang hingga 58 persen.

– Menurut penelitian tim dari University of Maryland, Amerika Serikat, kunyit membantu penyembuhan pasien radang usus besar.

– Dalam pengobatan ayurveda di China, kunyit digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, membersihkan liver dan membuta siklus mestruasi jadi lebih teratur.

– Penelitian di University of South Dakota menemukan bahwa sel kanker yang terkena curcumin menjadi lebih responsif terhadap pengobatan kemoterapi dan radiasi.

• VIVAnews

Satu pemikiran pada “Keajaiban Kunyit…

  1. yang jadi masalah, zat2 yg terkandung dlm kunyit udah dipatentkan Inggris. begitu juga dgn temulawak, zat2 yg terkandung di dlmnya juga tlh dipatentkan USA. jadi kasian pengusaha jamu, klo mau jual jamu ke luar negeri musti bayar royalti ke 2 negara tsb. miris ya…??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s