Jenis – jenis Cedera Umum Dalam Sepakbola…

Jenis - jenis Cedera Umum Dalam Sepakbola..!

Jenis – jenis Cedera Umum Dalam Sepakbola..! – Tentunya kita semua senang berolahraga, terutama bermain sepakbola. Apa lagi melihat tim yang bermain sepakbola dengan cantik adalah sesuatu yang enak dinikmati.zona aneh

Namun terkadang permainan indah dapat dirusak karena salah satu pemain cedera yang bisa membuat permainan tim berubah drastis.

cedera

 

cedera2

Sayangnya cukup banyak pemain yang dapat terkena cedera. Cedera apa saja yang paling sering dialami pesepakbola? berapa lama kah masa penyembuhannya?

1. Hamstring
Ini yang paling sering kita lihat pada saat pemain berlari kencang tiba=tiba dia memegang bagian belakangnya sambil lari terpincang-pincang.

Hamstring

hamstring terdiri dari empat otot yaitu semitendinous, semimebranosus, biceps femoris caput lognum, dancaput breve.
salah satu dari otot ini mengalami strain, ketegangan mulai dari hanya tertarik ringan sampai putus (biasanya pemain mendengar bunyi ‘tuk’ apabila salah satu ototnya putus).

Hamstring2

cedera ini terjadi karena apabila otot tersebut tiba” harus melakukan gerakan eksplosif tiba” seperti sprint. Penyebab lain adalah otot tersebut sudah capek namun dipaksa bekerja. Karena otot selalu berkontraksi, kadar asam sangat tinggi sehingga bila tiba” melakukan gerakan eksplosif, otot tersebut kaget dan tidak siap menerima tekanan.

Hamstring3

Jika mengalami hamstring tingkat 1 (ringan) pemain tidak bisa bermain selama 2 pekan. Yang didera tingkat 2 mesti absen sekitar 3-4 minggu, tingkat 3 (putus) harus absen 6-8 pekan.

waktu rehat ini harus ditaati dengan tepat karena proses penyembuhan ini tidak utuh maka cedera bisa berdampak panjang dan kronis.

2. ACL
Cedera yang paling jadi momok karena bisa mengakhiri karier seorang atlet.
Fungsi utama ACL (Anterior cruciate ligament) adalah menyetop rotasi atau perputaran lutut dan kaki.

ACL

Cedera ini terjadi bila saat badan berputar atau jatuh, paha atas berputar ke dalam dan kaki bawah terputar ke luar. Agan” pasti inget kan cederanya michael owen pas world cup 2006?

ACL2

 

ACL3

Komplikasi cedera ini adalah melekatnya salah satu ujung ACL di meniscus. ACL mengalami over stretch, meregang secara berlebihan, dan menarik meniscus itu sampai lepas dari lutut kaki. Apabila cedera ini cukup parah maka pemain tersebut terkena cedera ganda ( ACL dan meniscus)_ tingkat pemulihannya lama sekali.

ACL4

 

ACL5

Setelah dioperasi total masa rehabilitasinya bisa mencapai 9 bulan ! mutlak ditaati. pada bulan keenam pemain bisa mulai berlatih ringan dengan bola. Setelah 9 bulan baru pemain diijinkan berlatih di atas lapangan.. Tentu saja tergantung dari fisik pemain sendiri serta sesuai dengan protokol dari dokter yang berlkaaku sehingga pemulihan bisa maksimal.

3. Meniscus
Cedera yang lumayan parah. Meniscus adalah semacam tulang putih yang membantu menstabilkan lutut saat menekuk sehjingga tidak ada pergerakan ke arah samping.

Meniscus

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, cedera ini bisa terjadi bila ACL tertarik sangat keras. Jika lutut bertekuk secara maksimal pun cedera ini bsia terjadi. Pemulihannnya memakan waktu 3-6 bulan.

Berenang, bersepeda, dan menekuk lutut adalah hal yang sangat tidak disarankan. Apabila meniscus dioperasi, pemuliha bisa mencapa 3-5 bulan.

Meniscus2

 

Meniscus3

Ada kemungkinan komplikasi meniscus: setelah meniscus dibersihkan meniscus tidak akan tumbuh kembali. jadi gesekan secara langsung antara tulang paha dan tulang kaki bawah. Peredaran darah yang jelek pada meniscus juga menyebabkan penyembuhan enjadi lambat.

4. Muscle Strain
Muscle strain bukanlah cedera yang parah, tetapi bila tidak ditangani dengan baik, strain akan berlanjut tersu menerus dan menjadi kronis.

Muscle Strain

Otot yang biasanya terkena terletak di betis dan paha. Overstretching bisa terjadi di otot=otot tersebut.

Muscle Strain2

Apabila cedera ini terjadi, stretching atau peregangan otot harus dihindari. Bila tetap dilakukan justru cedera akan bertambah parah. Muscle strain termasuk cedera ringan. Dalam 7 hari pemain bisa merumput lagi.

5. Pattela Tendonitis
Ini juga sering dikeluhkan pemain. Cedera ini sering terjadi setelah pemain berlatih atau beranding di lapangan yang keras.
Salah memilih sepatu juga menyebabkan rasa sakit ini. Contoh: peakaian sepatu berpul enam di lapangan keras. Rasa sakit biasanya terasa di bagian bawah lutut. Cedera ini bisa pulih dalam 5-7 hari.

Pattela Tendonitis

Peregangan otot juga harus dihindari. Salah satu faktor yang memprovokasi cedera ini adalah ketidakseimbangan antara otot quadriceps
Contoh: vastus medialis lebih lemah dibandingkan vastus lateralis. Ini membuat Q-angle dari pattela sehingga terjadi iritasi di lutut.
akibatnya pattela tendonitis menjadi cedera yang gampang terjadi di lutut.

Pattela Tendonitis2

Satu pemikiran pada “Jenis – jenis Cedera Umum Dalam Sepakbola…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s