Angkat Beban Bantu Proses Berhenti Merokok…

VIVAnews – Tak kunjung bisa berhenti merokok? Cobalah latihan angkat beban. Bukan hanya berfungsi untuk membentuk otot, ternyata angkat beban bisa membantu perokok menghentikan kebiasaan buruknya.

Penelitian yang dilakukan tim dari Miriam Hospital di Rhode Island, Amerika Serikat, menemukan bahwa pria dan wanita akan dua kali lebih mungkin berhenti merokok jika mereka melakukan latihan angkat beban. Temuan ini juga berdasarkan penelitian yang mengungkap kalau latihan aerobik bisa mengurangi keinginan untuk merokok dan mengontrol berat badan setelah berhenti merokok.

“Rokok membunuh banyak orang dan sebagian besar perokok ingin berhenti, sementara kurang dari lima persen yang bisa berhenti tanpa bantuan. Kita membutuhkan sebuah ‘alat’ baru untuk membantu perokok berhenti merokok. Tampaknya latihan beban bisa jadi strategi efektif,” kata kepala peneliti, Dr. Joseph Ciccolo, seperti dikutip dari Daily Mail.

Dalam penelitian yang dipublikasi dalam The Journal Nicotine & Tobacco Research ini, melibatkan 25 responden pria dan wanita perokok. Mereka berusia antara 18 hingga 65 tahn yang diketahui telah merokok minimal satu tahun.

Semua responden menerima sekitar 15 hingga 20 menit sesi konseling termasuk suplai plester nikotin selama delapan minggu sebelum ditempatkan dalam sebuah kelompok secara acak. Salah satu kelompok, berolahraga selama 60 menit tiap minggu selama 12 minggu. Termasuk latihan beban secara rutin sebanyak 10 kali.

Setelah 12 minggu, 16 persen perokok yang melakukan latihan beban, bukan hanya bisa berhenti merokok. Berat badan dan lemak tubuhnya juga menurun secara signifikan. Sebagai perbandingan, presentase responden yang berhenti merokok tanpa olahraga, hanya 8 persen dan berat badan mereka meningkat.

Tiga bulan setelah penelitian selesai, 15 persen orang dari kelompok yang melakukan latihan beban, juga tak kembali merokok. Untuk hasil yang lebih maksimal, Doktor Ciccolo mengatakan, perlu dibutuhkan penelitian lebih lanjut sebelum latihan beban ini dapat digunakan sebagai pengobatan klinis untuk berhenti merokok. (umi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s