3 Cara Mudah Memaafkan Kesalahan Besar Orang Lain…

Kita sebagai mahluk sosial tak akan pernah luput dari rasa tersakiti oleh individu lainnya. bedanya beberapa orang menganggapnya sebagai pelajaran hidup, namun beberapa orang lainnya beranggapan bahwa perlu adanya balas dendam untuk menghilangkan sakit hati tersebut. namun percayalah masalah tak akan pernah selesai sampai disana, karena dendam akan terus tumbuh seperti halnya lingkaran setan, disakiti menjadi menyakiti dan begitu seterusnya dan kamu gak akan beda dengan orang yang menyakiti kamu.

Ada pepatah tua mengatakan “Jika kamu menempuh jalan untuk membalas dendam, maka galilah dua kuburan terlebih dahulu” hmm.. apasih.com harap kalian bisa mengerti arti pepatah itu. hal yang paling mungkin untuk menghilangkan sakit hati itu dengan cara memaafkan. mudah diucapkan namun sering banget terkadang susah dilaksanakan. untuk itu apasih.com pengen kasi tips bagaimana memaafkan kesalahan besar orang lain dengan cara yang mudah.

1. Kenali siapa orang yang membuat kamu tersakiti
Kamu harus tau betul siapa yang menyakiti kamu, jika emang orangnya memang “si Kutu Kupret” yang sering buat ulah, atau si Playboy yang sering maenin perasaan cewek dan bisa juga si cewek matre yang kerjanya morotin uang para cowok. lihatlah mereka.. bukankah tanpa balas dendam orang2 seperti ini hidupnya sudah “menyedihkan” jadi tanpa balas dendampun kalian bisa tertawa hanya dengan melihat tingkah mereka.

bagi kalian yang udah kerja biasanya disituasi kerja ada aja rekan kerja yang “resek”, suka iri, penjilat dan tak bersahabat dengan kamu. maka lihatlah dirimu adalah orang yang lebih baik dari orang tersebut. setidaknya kamu membuat orang itu iri akan prestasi kamu di tempat kerja.. jalani aja.. didalam situasi tersebut akan selalu ada yang mendukung kamu. percayalah..🙂

2. Berbicaralah kepada orang lain
Tak harus orang lain, kamu bisa bicara atau curhat kepada keluarga, teman dekat, pacar, suami, istri atau siapapun yang dekat dengan kamu. hei.. gak ada salahnya untuk menceritakan, sedikit mengumpat, dan diakhir itu akan ada nasihat luar biasa dari mereka. karena mereka peduli..🙂

3. Memaafkan
Baiklah.. ini yang paling sulit, perasaan ini datangnya dari diri kalian sendiri, apasih.com mengakui tak semua kesalahan bisa dengan mudah dimaafkan. tapi cobalah untuk melakukannya.. ambil hikmah dari itu semua.. memaafkan kesalahannya bukan berarti kamu tetap berurusan dengan orang yang sama. ini ada hubungannya dengan hukum sebab akibat. jika kamu tersakit oleh orang itu. maka kepercayaan terhadap orang tersebut cukup sudah dihilangkan.. bersikaplah biasa.. itu akan membantu kamu menjalani hidup tanpa rasa dendam..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s