5 Cara Ampuh Turunkan Kolesterol…

Kolesterol jahat bisa menyerang siapa saja, mulai dari yang bertubuh gemuk hingga kurus. Dan dari usia muda hingga tua. Kolesterol jahat itu pun terbukti dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Nah, agar tetap sehat, kita perlu mewaspadai kadar kolesterol yang berlebihan dalam tubuh. Dilansir dari laman MSN, berikut 5 cara untuk menurunkan tingkat koleserol yang tinggi.

1. Makanan berserat
Penelitian menunjukkan peningkatan asupan serat sebanyak 5 hingga 10 gram per hari dapat menurukan kadar kolesterol sebanyak 5 persen.

2. Perhatikan makanan dengan label ‘rendah lemak’
Makanan yang berlabel ‘low fat’ bisa saja memiliki kadar lemak yang banyak jika dikonsumsi lebih dari satu bagian. Klaim rendah lemak itu terkadang dimaksudkan untuk sekali konsumsi. Maka dari itu pastikan dulu kandungan gizi dari tiap makanan yang Anda konsumsi.

3. Makan telur secukupnya
Telur bukan lagi pantangan bagi penderita kolesterol. Batas aman kolesterol harian adalah 300 mg/ hari sedangkan untuk 1 butir telur mengandung sekiar 213 mg.

4. Pilih menu sarapan pagi yang tepat
Pilih sarapan pagi berupa sereal misalnya oatmeal. Makanan itu mengandung 2 gr serat larut juga 4 hingga 6 gr serat total untuk 1 buah. Tambahkan pisang dan buah lainnya untuk menurunkan kadar kolesterol.

5. Konsumsi ikan
Dua kali dalam seminggu ganti menu daging merah Anda dengan ikan seperti salmon dan tuna. Selain mengandung omega-3, ikan-ikan itu pun memiliki lemak tak jenuh ganda yang dapat menurunkan kolesterol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s