10 hal yang paling banyak dicari di Google Search pada tahun 2011…

ditahun ini banyak hal hal menarik bermunculan khususnya diranah teknologi, sosial humaniora dan persimpangannya. Sesuatu yang menjadi tren dan masuk ke top search Google sudah tentu merupakan hal yang paling menyita perhatian, bukan saja dibicarakan tapi juga memaksa mereka untuk mengetahui lebih dalam lewat Google search. Nah jadi hal apa yang paling sering dicari di tahun 2011?
Seperti di tahun tahun sebelumnya Google Zeitgeist 2011 hadir dengan data 10 hal teratas  yang paling banyak dicari di Google Search pada tahun 2011. Data data yang disajikan menampilkan berbagai trend dan segmentasi khusunya secara global dan regional (sayang Indonesia belum disertakan).

iPad 2

ipad2
iPad 2 merupakan produk generasi kedua dari apple. iPad 2 hadir dengan banyak menambah sejumlah kelengkapan khusunya dari sisi entertainment dari sisi camera. Mesnghasilkan penjualan sebanyak 500 ribu, iPad 2 sukses terjual hanya pada minggu pertama khusunya via pemesanan online sebelum tersedia dipasaran.
top searches ipad two 350x257
Statistik Pencarian:
  • Angka pencarian naik 939% dibandingkan tahun 2010 dengan kata kunci “iPad2?.
  • Tanggal 27 Februari 2011 merupakan hits tertinggi yang didapat oleh Apple, dan ini adalah 2 minggu sebelum mereka menjualnya di pasaran.
  • Tingginya pencarian iPad 2 pada Google berlangsung hingga tanggal 5 Maret 2011.
  • Kata kunci pencarian sejenis yang juga bersinar adalah apple ipad (18%), apple ipad 2 (17%), ipad 2 jailbreak (12%), jailbreak (11%), jailbreak ipad (11%)
Apple yang menganut sistem terpadu dan mengutamakan usability design memberi dampak sistemik pada kesuksessannya, bahwa iPad 2 merupakan gadget yang paling banyak dicari di toko-toko retail diseluruh dunia. Dan satu cerita unik di Cina, bahwa seorang remaja disana rela untuk menjual ginjalnya hanya untuk dapat membeli iPad 2. Hmm.. sepertinya inilah yang membedakan iDevice dengan device besutan pengembang pada umumnya.

#iSad: Steve Jobs

steve jobs
Steve Jobs menginspirasi banyak orang di dunia dimulai karena inovasi teknologi yang dikombinasikan dengan zen, kemudian bertindak bagaimana menjadi seorang CEO mengelola perusahaan. Steve Jobs adalah orang dibalik kesuksesan Apple yang mampu melahirkan produk-produk hebat seperti Mac PowerBook, iBook, iPod, Iphone hingga iPad.
top searches steve jobs 350x229 
Statistik Pencarian:
  • Pencarian tentang Steve Jobs naik sebesar 982% di tahun 2011.
  • Angka pencarian meningkat tanggal 2 Oktober 2011 ketika Steve Jobs dalam kondisi kritis karena sakit kanker pankreas yang dideritanya sejak lama.
  • Kata kunci yang berkaitan dengan Steve Jobs: apple steve jobs (28%), bill gates (13%), steve jobs iphone (10%), steve jobs died (8%), steve jobs dead (8%).
Tanggal 5 Oktober 2011, steve jobs meninggal dan hal ini menyebabkan statistik pencarian semakin meningkat. Steve Jobs juga menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan di twitter di akhir akhir tahun 2011 ini.

Rumor: iPhone 5

iphone5
Next iPhone ini dia salah satu gadget yang paling banyak dicari, khususnya rumor kemunculan iPhone 5Smartphone besutan Apple ini memang layak dinantikan bukan saja karna memiliki perbedaan usability dengan banyak smarthphone pada umumnya tapi oleh banyak orang sudah dianggap layaknya atribut fashion. Hingga artikel ini ditulis sudah banyak isu yang beredar mengenai bentuk, aplikasi dan kecanggihan akan melekat pada gadget ini. Gadget yang bisa dibilang menjadi ujian pertama bagi Tim Cook.
top searches iphone five 350x243 
Statistik Pencarian:
  • Pencarian terpopuler ada pada kata kunci “iphone 5?  karena diyakini bahwa Apple tetap akan menggunakan nama iPhone pada kelanjutan generasi iPhone.
  • Dalam rentang waktu 2010 hingga 2011 kenaikan angka pencarian mencapai 1658%.
  • Hits tertinggi terjadi pada tanggal 25 September 2011 dan ini sekitar satu minggu sebelum Apple mengumumkan kemunculan iPhone 4S pada konferensi pers di markas besar Apple di Cupertino, California.
  • Kata kunci populer sejenis: iPhone 5 release (21%), iPhone 4 (20%), apple iphone 5 (11%), apple iphone (11%), ios 5 (9%).
Tingginya publikasi pemerhati teknologi tentang kemunculan iPhone 5 memicu gelombang pencarian yang sangat banyak hingga akhirnya iPhone ternyata hanya merilis produk barunya yaitu iPhone 4S yang berorientasi pada perbaikan versi sebelumnya, iPhone 4G. Oh ya, kabarnya penamaan iPhone 4S didedikasikan untuk steve Jobs.

BattleField 3

battlefield3
Jika Anda termasuk yang menikmati game maka pastinya Anda pernah mencari game yang satu ini “Battlefield 3″ dari Electronic Arts. Terjual hingga 5 juta kopi hanya pada minggu pertama sejak dirilis – diluar yang dibajak lho yah. Battlefield 3 adalah game berjenis first-person shooter menjadi hits tahun 2011 ini dan menjadi game yang paling sering dicari via Google. Berikut statistiknya:
top searches battlefield three 350x226 
Statistik Pencarian:
  • Kenaikan sebesar 1773% terjadi antara rentang waktu tahun 2010 hingga 2011 ini dengan kata kunci “battlefield 3? dan juga “BF3?.
  • Mencapai puncak tertingginya pada 23 Oktober 2011 lalu dan tanggal itu bertepatan dengan diluncurkannya game ini ke pasaran di Amerika Serikat dan Inggris.
  • Kata kunci lain adalah: beta battlefield 3 (20%), battlefield 2 (16%), battlefield 3 pc (10%), download battlefield 3 (8%), battlelfield 3 release (8%).
Tingkat atensi pencarian Battlefield 3 ternyata mampu mengungguli rival beratnya yaitu Call of Duty: Modern Warfare besutan Activision yang sudah memiliki beberapa hits version di tahun sebelumnya.

Google + Social Network

google plus circle
Google+ merupakan platform jejaring sosial besutan Google untuk menandingi kekuatan Facebook. Google+ sukses memberikan rasa yang berbeda khusunya dengan circle concept yang membagi setiap teman yang akan kita Add dalam bagian bagian segmentasi, mulai dari teman dekat, kolega, hingga yang hanya teman saja.
Dengan gaya khas Google yang memberikan invitation bagi calon penggunanya memberikan word of mouth yang luar biasa, yang pada akhirnya menjadikan Google + dengan berbagai variasi keywordnya paling sering dicari.
top searches google plus 350x231 
Statistik Pencarian:
  • Lebih dari 10.000% pencarian tentang “Google+” dan “Google Plus” dilakukan via mesin cari Google.
  • Pada 10 Juli 2011 pencarian mencapai puncaknya, ini berarti hampir dua minggu sejak pertama kali dirilis untuk kalangan terbatas.
  • Pada 20 September 2011 sekali lagi mendapatkan hits yang luar biasa ketika Google mengumumkan bahwa pendaftaran telah dibuka untuk umum.
  • Kata kunci populer lain adalah: google + (19%), google earth plus (15%), google plus facebook (13%), google chrome plus (9%), chrome plus (9%).
Sekali lagi dengan gaya pemasaran bertahap ala Google, mereka mampu menjadikan Google+ sebagai trend untuk para selebriti dengan banyaknya akun baru dibuat oleh mereka dan menjadikan Google+ sebagai pusat aktivitas teknologi terkini Google. Pertanyaanya besarnya, apakah Google + akan mampu menjadi ruang komunikasi baru? atau gugur layaknya Google Wave.
Beberapa hits pencarian lainnya meliputi Rebecca Black (seorang musisi yang masih sangat muda berusia 13 tahun), Ryan Dunn (meninggalnya pembawa acara reality show “Jackass” dan “Viva La Bam”), Casey Anthony (pembuhan atas anaknya sendiri), Adele (Musisi asal Inggris yang merajai tangga musik di Inggris no.1 selama 16 minggu berturut-turut) Tsunami & Gempa Bumi Jepang (gempa yang sangat dahsyat dengan kekuatan 9.0 skala richter). Bisa kalian nikmati di Google Zeitgeist 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s