Papua Barat atau Papua Barat (West Papua)…

Informasi yang benar dan akurat dapat mencerdaskan setiap orang yang menerima informasi tersebut….nah bagaimana kalau informasi itu tidak benar, hasilnya sudah pasti membinggungkan dan meresahkan…..

Seperti halnya beberapa pengalaman yang saya alami. Terus terang kadang saya tertawa geli kalau melihat, mendengarkan atau membaca sebuah berita yang mengangkat suatu kejadiaan yang terjadi di Tanah Papua. Salah satu contoh berita yang diangkat oleh VOA tentang  “Warga Papua dihimbau agar tidak Anggap pendatang sebagai ancaman” http://www.voanews.com/indonesian/news/Warga-Papua-Diimbau-agar-Tak-Anggap-Pendatang-sebagai-Ancaman-138457154.html

Sepintas lalu berita itu sah-sah saja, tapi bagi saya yang tinggal di Papua tepatnya di Manokwari ibukota Provinsi Papua Barat kayaknya ada yang salah…..hmmmm…bukan kayaknya lagi tapi memang benar salah….

Dalam berita yang dimuat di situs VOA dan juga di sempat disiarkan di Radio jaringan termasuk di salah satunya Manokwari (Arauna 103.4 FM Manokwari) terdapat beberapa kesalahan penulisan yang bagi sebagian orang tidak bermasalah tapi bagi kami bermasalah. Penulisan yang salah yang saya maksudkan adalah opini dan pernyataan dari VOA dan Kepala Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B), Bambang Darmono, tentang pemindahan beberapa ibukota kabupaten di Papua Barat salah satunya Kabupaten Keerom.

Hmmmm…bagi yang tinggal di Papua Barat akan kaget dengan informasi ini, karena sejauh ini tidak ada permasalahan di Kabupaten dan Kota di Papua Barat apalagi yang ujung-ujungnya memindahkan Ibukotanya….

Nah…hal yang membinggungkan ketika beberapa kali dalam berita tersebut menuliskan bahwa Kabupaten Keerom adalah bagian dari Provinsi Papua Barat…hmmm…kayaknya saya perlu jelaskan disini tentaang Provinsi Papua Barat.

Provinsi Papua Barat terdiri dari 10 Kabupaten dan 1 Kota yaitu:

  1. Kabupaten Manokwari
  2. Kabupaten Sorong ;
  3. Kota Sorong ;
  4. Kabupaten Fakfak ;
  5. Kabupaten Kaimana
  6. Kabupaten Sorong Selatan ;
  7. Kabupaten Raja Ampat ;
  8. Kabupaten Teluk Bintuni ;
  9. Kabupaten Teluk Wondama ;
  10.  Kabupaten Maybrat ;
  11. Kabupaten Tambrauw.

 Provinsi Papua Barat sudah berdiri sejak tahun 2003 dari nama awal IRIAN JAYA BARAT menjadi PAPUA BARAT pada tahun 2007.

Nah…Tentang Kabupaten Keerom kalau liat data diatas nga ada khan???? Nah…yang sebenarnya adalah Kabupaten Keerom itu ada di Provinsi Papua bukan di Papua Barat…itu adalah bagian dari Provinsi Papua yang terdiri dari 28 Kabupaten dan 1 Kota.

Jika sumber informasi ini berasal dari Masyarakat Papua yang terlibat dalam Organisasi Papua Merdeka (OPM) maka berita ini akan sah-sah saja karena sampai hari ini Masyarakat Papua (OPM) megakui hanya ada 1 tanah atau negeri yang mereka sebut PAPUA BARAT (WEST PAPUA)….Tapi kalau Berita ini terkait Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) jelas info tersebut salah………

Semoga artikel ini memberikan masukan agar dalam meliput atau menginformasikan suatu berita, pastikan dulu tempatnya……..GBU

11 pemikiran pada “Papua Barat atau Papua Barat (West Papua)…

  1. nah itu dia ….kami sebagai warga manokwari sangat bingung mendengar berita tersebut… antara papua barat dan keerom sangat jauh….
    wartawan haruslah memahami dulu baru di expose ke publik.. jangan sampai meresahkan masyarakat…

    • Harusnya cari tahu dulu, lagian sekarang su canggih. Tanya aja ama mba Google atau tante Wikipedia kalo nda jelas lokasinya…parahx Kepala UP4B yg jadi narasumbernya..koq nga tau wilayah antara Papua dan Papua Barat..huffthh.

  2. Ping balik: Papua Barat atau Papua Barat (West Papua)… « Kontes Ngeblog VOA

  3. Di era otonomi dengan teknologi komunikasi yang sangat maju saat ini memang sangat banyak nama atau istilah yang muncul. Tidak hanya nama daerah bahkan juga nama-nama manusia. Sering nama-nama itu asing bahkan aneh di telinga.
    Kalau reporter atau penyiar VOA (Voice of America, kan?), atau penyiar Radio Arauna 103.4 FM Manokwari menyebut “Keerom” pastilah bukanlah maksudnya bahwa Kabupaten Keerom itu bagian dari Provinsi Papua Barat. Bisa saja penulis berita itu pada detik itu teringat Keerom, sehingga tertuliskanlah atau terucaplah “Keerom”. Apalagi kalau Pak Bambang Darmono sebagai Kepala Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) menyebutnya pula demikian, lebih wajar lagi karena beliau juga mengurusi percepatan pembangunan di Provinsi Papua tempat Kabupaten Keerom terletak.
    Bagaimanapun, terima kasihlah kepada Bung Stendanson yang sudah meluruskan hal itu di Stendanson’s Weblog ini, sehingga ‘masalah’ itu sudah terkoreksi dan pendengar atau pembaca sudah memperoleh hal yang sebenarnya.
    Akan tetapi…, kalau “kesalahan” itu berasal dari oknum OPM, akh, sudah! Makan dulu ssaana! Ada Papeda sedap, tuh…!!!! Hahahaha…

    Salam dari Waena!

    Tuhan Jesus Maha Kasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s