Fakta dan Mitos Angka 13 Yang Perlu Diketahui….

Fakta & Mitos Angka 13 yang Perlu Diketahui

BANYAK yang percaya 13 merupakan angka sial hingga muncul mitos Friday the 13th. Contohnya setiap bandara tidak memiliki gate 13, begitu juga dengan gedung bertingkat.

Masih banyak sisi unik dari mitos angka sial tersebut. Berikut 13 hal yang perlu diketahui dari mitos angka 13 seperti dikutip Nzherald..

1. Hari ini juga disebut sebagai “Black Friday”

2. Hal ini cukup membingungkan, karena “Black Friday” di Amerika Serikat jatuh pada hari Thanksgiving. Momen tersebut menandai hari pertama belanja sebelum Natal.

3. Di negara-negara Hispanik, Selasa tanggal 13 dianggap hari sial, bukan pada hari Jumat.

4. Sementara di Italia, hari Jumat tanggal 17 dianggap hari sial.

5. Takut angka 13 disebut “triskaidekaphobia”.

6. Triskaidekaphobia mempengaruhi sekira 17 sampai 210.000.000 orang di Amerika Serikat.

7. Banyak dari orang-orang tersebut menderita sesak nafas akibat serangan panik. Biasanya, ketika mengalami serangan ini, mereka meninggalkan rumah dan tidak akan membeli sesuatu dengan jumlah 13 karena takut dikutuk.

8. Fobia ini mempengaruhi bisnis, tidak percaya? National Geographic melaporkan sekira USD800- 900 juta hilang dalam bisnis hari ini akibat phobia takut angka 13. Karena, orang-orang tidak akan pergi terbang naik pesawat untuk urusan bisnis atau mengurungkan kegiatan transaksi yang biasa dilakukan.

9. Jumat tanggal 13 telah dianggap sial di banyak budaya sejak zaman kuno. Tetapi, pada akhirnya banyak juga yang percaya angka 13 sebagai keberuntungan.

10. Salah satu penulis menelusuri mitos angka 13 pada sejarah budaya kuno. Dalam cerita, 12 dewa menggelar pesta makan malam di Valhalla. Namun, ketika Dewa Loki muncul sebagai tamu ke-13, dia merusak pesta dengan melakukan pembunuhan yang disebut Balder the Beautiful.

11. Teori umum lainnya berasa dari Perjamuan Terakhir. Dalam perjamuan tersebut Yudas adalah tamu ke-13. Untuk diketahui, Yudas menjadi orang yang mengkhianati Yesus.

12. Banyak gedung-gedung bertingkat mentiadakan lantai 13. Rumah sakit pun tidak akan memiliki bangsal 13. Selain itu, banyak bandara tidak memiliki gerbang ke-13.

13. Roky Erickson dikenal sebagai punggawa band 13th Floor Elevator. Kini dia diketahui kehilangan pikiran dan menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menulis album The Evil One.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s